MURID BARU = SERAGAM BARU = PAKAIAN GURU (TERNYATA JUGA) BARU

Posted On Juli 23, 2009

Filed under Uncategorized

Comments Dropped leave a response

Meskipun pemerintah tidak mengahruskan seragam sekolah, tetapi kenyataannya hampir semua sekolah menetapkan segaram bagi peserta didiknya.  Peringatan  pemerintrah, agar sekolah tidak  mengadakan/mewajibkan apalagi mengelola pengadaan seragam ternyata tidak sepernuhnya mendapat perhatian pengelola sekolah. Ada saja alasan agar (akhirnya) sekolah mengelola seragam. Tidak rahasia lagi,  setiap sekolah yang mengelola seragam bagi peserta didiknya,  ada keuntungan yang pasti didapatnya. 

Di Yogya misalnya. Adanya larangan sekolah mengelola pengadaan seragam, tidak mengurungkan usaha pengelola sekolah agaar bisa tetap mengelola. Bahasa dan caranya saja yang (sedikit) berbeda.  Satu di antara usaha tersebut adalah dengan cara menggiring siswa/para wali agar sekolah memfasilitasi pengeadaan seragam. Lalu, dibuatlah surat (yang seakan-akan datangnya  dari wali) yang isinya permohonan. Permohonan kepada sekolah agar difasilitasi pembelian seragam.  Surat dari wali tersebut dijadikan bukti bahwa ada permintaan dari wali kepada sekolah. 

Hal di atas dapat dimaklumi. Lalu,  adakah selisih harga bahan seragam tersebut  antara di toko dengan di sekolah?  Dhalang tidak kurang lakon. Siapa dhalangnya? Tentu saja yang bisa ngotak-atik aturan yang akhirnya menguntungkan sepihak dengan agak suram-suram. Bisa dibuktikan: hampir setiap penerimaan peserta didik baru, seragamnya baru. Begitu juga para guru/karyawan sekolah tersebut, juga baru.   

Namun, kita btidak perlu su’udhon terlalu jauh. Bisa-bisa harga memang sesuai yang dipathok toko. Karena sekolah telah menjadi perantara antara konsumen dengan toko, akhirnya pihak toko bagi-bagi untung. Ujudnya seragam bagi guru/karyawan. 

Sedangkan motif lain? Wallahu a’lam bish-showab.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s