GURU PNS MAKIN SEJAHTERA

Posted On Desember 2, 2009

Filed under Uncategorized

Comments Dropped leave a response

Gaji guru PNS akan naik.  Mulai Januari 2009 guru PNS akan mendapat tambahan gaji  sebesar 250 ribu per bulan. Tentu disambut gembira oleh para guru yang bisa merharap akan menerima.  Hanya saja tambahan tersebut dikhususkan bagi guru PNS yang belum mendapat tunjangan sertifikasi.

Lalu bagaimana nasib guru yang sudah lulus sertifikasi dan telah menyandang sebagai guru profesional, akankah segera mendapat haknya? Pertanyaan yang sering muncul tersebut sulit ditebak jawabnya.  Ada pakar yang berkomentar, “Jika pemerintah harus membayar tunjangan guru yang telah tersertifikasi saat ini, lalu uang dari mana?” Pernyataan tersebut sempat membuat sesak nafas para guru yang sudah lulus dan tinggal nunggu ngucurnya tunjangan.

Memang, kelihatannya tunjangan profesi atau sertifikasi guru  masih menyisakan masalah. Masalah bagi non-guru. Pasalnya, di lapangan masih banyak dilihat kinerja guru yang ternyata masih jauh dari standar yang diharapkan. Hal tersebut dapat dilihat dari  aktifitas masuknya, cara mengajarnya, dan perhatian kepada dunia pendidikan. bahkan ada yang komentar, setelah ada sertifikasi sebagian kinerja guru menurun, lantaran guru hanya sibuk mempersiapkan hal-hal yang terkait persyaratan admnistrasi.

Kembali kepada 250 ribu. Jelas itu sangat berarti. Namun, Saudaraku sesaama guru, mari jujur  tanya nurani kita, ” Sebandingkah kinerja kita dengan gaji yang kita terima ?” Gaji guru itu banyak. Kerja guru itu mulia. Tetapi bisa gaji tersebut menjadi petaka ketika kita tidak bertanggung jawab akan tugas kita. 

Berikut sebagian sebab gaji kita dapat menjadi petaka:

1. Kita banyak bolos ngajar.

2. Mengajar tidak dengan persiapan yang memadai.

3. Mengajar tidak berorentasi kepada koptensi siswa.

4. Mengajar hanya cukup menyelesaikan paket buku.

5. Kita banyak meninggalkan kelas. 

6. Tentu masih banyak yang lainnya.

Mari, kita saling berbagi nasihat. Insya Allah keberkahan Allah akan selalu dilimpahkan kepada kita, apabila kita benar-benar menjadi guru dan pendidik yang profesional beneran.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s